KETAKBERDAYAAN
SANG EDUCATION
Refleksi perkuliahan
filsafat
BUDIMAN SANI
(12709251054)
Pendidkan
adalah hal yang mutlak yang diselenggarakan dalam suatu peradaban bangsa. Pendidikan
merupakan pilar bagi tumbuh berkembangnya suatu negara. Tanpa adanya pendidikan
kita tidak akan pernah tahu seperti apa suatu negara telebih pada kualitas
sumber daya manusianya.
Terkait
dengan itu, dewasa ini di indonesia pendidikan merupakan suatu hal yang wajib
diselenggarakan, akan tetapi dunia pendidikan di indonesia telah terkotori oleh
adanya politisi-politisi dari penguasa yang merupakan kaki tangan sang powernow,
yang pastinya mengarahkan pendidikan di indonesia berubah menjadi pendidikan
atas dasar industialisme, utility, dan pragmatis, yang pada hakekatnya telah
merubah atau telah keluar dari tujuan luhur pendidikan yang sebenarnya.
Pendidikan
di indonesia dewasa ini telah merenggut setiap intuisi-intuisi dari siswa-siswa
yang penuh potensi untuk di kembangkan, mematikan setiap kereativitas mereka,
kemudian diarahkan seperti robot-robot siap pakai yang tak bernurani untuk
menjadi prajurit terdepan sebagai penyongsong setiap kepentingan –kepentingan sang
powernow.
Matematika
merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran yang diajarkan pada setiap
satuan pendidikan di Indonesia. Matematika adalah hal yang penting untuk
dipelajari oleh setiap siswa di sekolah. Sayangya matematika menjadi salah satu
mata pelajaran yang sangat menakutkan, sangat kejam, menginterpensi, yang tak
pernah bisa dimengerti oleh sebagian siswa. Hal ini terjadi karena pelajaran
matematika itu adalah pelajaran yang tak pernah bisa dimengerti melalui cara,
keinginan ataupun gaya belajar dari setiap siswa, matematika adalah hal yang
sangat abstrak, yang tak pernah terjangkau oleh beberapa tingkat perkembangan
kognitif siswa.
Semua
permasalahan yang terjadi tersebut dikarenakan oleh pengertian atau pemahaman pada
matematika dan matematika pendidikan masih tetap pada paradigma yang sama oleh
sang penguasa, penentu kebijakan-kebijakan pendidikan di indonesia.
Para
pure matematika telah banyak berkontribusi dalam kancah dunia pendidikan di indonesia,
yang memberi banyak sumbangsih terhadap kehancuran matematika pendidikan di indonesia.
Meraka sang powernow tidak akan pernah mengerti tentang hakekat matematika
pendidikan itu sendiri. Matematika yang dianggap sebagai suatu yang absolut diinsert
dalam matematika pendidikan yang relative, empiris, dan kontruktivis. Tidak akan
pernah ada titik penyelesaian dalam permasalahan dunia pendidikan indonesia ini
terutama terkait dengan matematika pendidikan yang semestinya ada dan diajarkan
disetiap satuan pendidikan, selama paradigma matematika itu sama dengan
matematika pendidikan oleh sang power yang menggap diri sebagai bagian dari
penentu pendidikan di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar